Cara Bermain Catur Untuk Pemula : Aturan dan Dasar Bermain Catur

Catur adalah permainan asah otak yang menyenangkan dan adiktif dibutuhkan keahlihan dan strategi dalam bermain catur. Jika anda belum pernah bermain catur maka tidak ada kata terlambat untuk mempelajari cara bermain dan aturan yang ada dalam permainan catur ini.

Catur permainan yang dimainkan oleh dua lawan yang dimainkan di papan persegi sengan 64 petak. Setiap pemain memiliki 16 buah catur yaitu 1 Raja, 1 Mentri, 2 Gajah, 2 Kuda, 2 Benteng dan 8 Bidak. Tujuan dari permainan ini yaitu mensekak mat raja lawan. Sekak terjadi ketika raja dalam posisi terancam di tangkap dan tidak dapat lolos dari tangkapan itu.

Image result for panduan cara bermain catur

Permainan catur diawali dengan membentangkan papan sehingga ada petak berwarna putih (atau terang) pada sisi kanan bawah tiap pemain. Bidak catur kemudian diatur dengan cara yang selalu sama. Baris kedua diisi pion. Kedua benteng diletakkan di sudut, lalu kedua kuda di sampingnya, diikuti kedua gajah, akhirnya menteri, yang warnanya selalu sama dengan warna bidaknya (menteri putih pada petak putih, menteri hitam pada petak hitam), dan terakhir raja pada petak yang tersisa.

Setiap buah catur sejenis memiliki cara melangkah yang berbeda-beda. Setiap buah tidak dapat melompati buah lainnya kecuali kuda. Buah catur dapat melangkah untuk menempati buah catur lawan yang disebut dengan menangkap. Namun hal ini tidak dapat dilakukan pada buah catur milik sendiri. Ada banyak tujuan dari melangkahkan buah catur beberapa diantaranya yaitu: menguasai posisi penting, menangkap, mengancam, melindungi, melakukan blokade, dan lain-lain.

Untuk memahami bagaimana cara melangkahkan setiap buah catur perhatikan uraian berikut

  • Raja

Cara Melangkahkan Raja Catur
Raja merupakan buah catur yang paling lemah dan paling penting. Raja hanya dapat melangkah satu petak di sampingnnya baik kiri, kanan, atas , bawah dan secara diagonal.

  • Mentri

Cara Melangkahkan Menteri Catur
Mentri merupakan buah catur yang paling kuat. Hal ini karena ia dapat melangkah seperti raja namun tanpa batasan petak.

  • Benteng

Cara Melangkahkan Benteng Catur
Benteng dapat melangkah ke kiri, kanan, atas dan bawah tanpa batasan petak. Benteng merupakan buah yang sangat kuat jika saling terhubung dengan benteng yang lain sehingga saling melindungi.

  • Gajah

Cara Melangkahkan Gajah Catur
Gajah dapat melangkah sejauh petak yang diinginkan tanpa batasan. Namun demikian gajah hanya dapat melangkah secara diagonal

  • Kuda

Cara Melangkahkan Kuda Catur
Cara melangkah kuda berbeda dengan buah yang lainnya. Cara melangkahnnya seperti huruf “L” dan dapat melompati buah lainnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan diagram berikut.

  • Bidak

Cara Melangkahkan Bidak Catur
Bidak merupakan buah yang tidak begitu penting. Namun posisi bidak sangat menentukan cara bermain dalam permainan catur. Posisi bidak yang saling terkait merupakan posisi yang paling kuat. Berbeda dengan buah yang lain cara menangkap bidak berbeda dengan cara ia melangkah. Bidak menangkap secara diagonal dan cara melangkahnya kedepan.

  • En Passant

Cara Melakukan En PassantKetika sebuah bidak melangkah dua petak pada langkah pertamanya dan jika melangkah satu petak dapat di tangkap bidak lain maka pemain yang memilii bidak yang dapat menangkap tersebut berhak menangkap maupun tidak terhadap bidak tersebut.

  • Rokade

Bagaimana Melakukan Rokade dalam Catur

Rokade merupakan salah satu cara membuat raja lebih aman dan juga memposisikan benteng siap bermain secara bersamaan. Ada dua jenis rokade yaitu rokade panjang dan pendek. Rokade tidak dapat dilakukan jika telah atau terjadi kondisi berikut
– raja pada posisi di sekak
– antara raja dan benteng di kuasai lawan
– raja atau benteng telah melangkah

  • Sekak dan Sekak Mat

Cara Melakukan Skakmat dalam Catur

Sekak merupakan kondisi dimana raja terancam di tangkap. Pada kondisi ini pemain yang memiliki raja tersebut harus membuat rajanya selamat pada giliran langkahnya. Jika pemain tersebut tidak dapat melakukannya maka dinamakan sekak mat dan pemain tersebut kalah.

  • Seri atau Draw
    Seri merupakan suatu kondisi dimana masing-masing pemain tidak ada yang menang atau kalah. Seri dapat terjadi karena kondisi berikut :

– Salah satu pemain tidak dapat melangkah secara legal dan kondisi raja tidak dalam kondisi di sekak.
– Masing masing pemain setuju untuk seri dan berhenti bermain.
– Buah yang ada di papan tidak memungkinkan untuk melakukan sekak mat (Tersisa raja dan gajah Vs Raja)
– Posisi yang sama terulangi tiga kali secara berturut-turut.
– 50 langkah dijalankan tanpa ada pemain yang menangkap buah lawan dan tidak ada bidak yang melangkah

Jika anda tertarik untuk coba bermain anda bisa mendownload game ini di Chess Online  anda bisa login facebook untuk bermain bersama teman anda, tema 3D yang sangat nyata membuat anda nyaman dalam bermain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *